Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

Android Q Developer Preview, Penuh Nuansa Baru

Android Q Developer Preview sudah rilis dengan banyak perubahan dari segi user interface. Berikut ini beberapa perubahan yang ada di Android Q.

Pilihan Warna Aksen dan Tema

Pilihan warna di Android Q

Android Q hadir dengan pilihan setting warna aksen. Pengaturan warna aksen bisa diakses melalui menu developer settings di bagian Theming paling bawah . Ada tiga pilihan yang bisa disetting yaitu Accent color, Headline / Body font, dan Icon shape.

Warna aksen sendiri tersedia dalam empat pilihan warna: default blue, green, black, dan purple.

Pada pilihan menu Headline / Body font, kita bisa memilih font standar (seperti gambar di atas) dan Noto Serif / Source Sans Pro seperti gambar berikut:

Setting font Android Q

Di bagian akhir setting tema ada pilihan Icon shape. Kita bisa mengubah ikon aplikasi secara default (circle), teardrop, squircle, atau rounded rectangle.

Ikon Baterai di Always-on Display

Ikon baterai always on display

Ikon baterai yang sebelumnya berada di posisi tengah bawah dipindah ke posisi sudut kanan atas saat saat mode Always-on Display aktif.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Memori Internal HP Penuh

Estimasi Daya Baterai di Menu Quick Settings

Estimasi baterai di quick settings

Di menu Quick Settings kita bisa melihat tampilan estimasi kapan baterai smartphone akan habis.

Perubahan Menu Sharing

Perubahan juga dilakukan Google untuk menu Sharing. Bukan hanya dari segi tampilan, tapi juga bisa diakses lebih cepat dibanding versi Android sebelumnya. Cek video GIF di atas untuk melihat tampilan baru menu Sharing.

Notch dan Sudut Melengkung di Hasil Screenshot

Hasil screenshot Android Q

Gambar di atas memperlihatkan hasil screenshot dari Google Pixel 3XL. Notch dan lengkungan bisa ditampilkan dengan sempurna.

Swipe Notifikasi

Swipe notifikasi Android Q

Pada menu notifikasi, swipe ke kanan tetap bisa membuang sebuah notifikasi. Swipe ke kiri akan menampilkan opsi menu yang biasa ditampilkan saat swipe setengah di versi Android sebelumnya. Opsi menu yang muncul adalah pilihan snooze atau mute notifikasi. Selain itu terdapat menu lebih banyak saat diekspand seperti block, show silently, atau keep alerting.

Night-mode Dihilangkan

Night mode atau modus malam tidak tersedia di Andorid Q. Jika di Android Pie kita bisa langsung mengaktfikan modus malam dengan mengakses menu device theme di menu settings, di Android Q harus mengaktifkan dark theme terlebih dahulu.

Tapi ini masih versi beta, masih ada kemungkinan night mode kembali hadir di Android Q.

Ikon Bel di Samping Notifikasi

Ikon bel notifikasi

Fungsi ikon bel ini menandakan notifikasi mana yang membuat smartphone kita berdering. Perubahan kecil tapi signifikan.

Baca Juga:  Samsung Galaxy A9 (2018), Harga dan Spesifikasi Lengkap Indonesia

Sharing Wi-Fi dengan Kode QR

Sharing wifi dengan kode QR

Saat kita ingin berbagi password Wi-Fi, pilih jaringan yang ingin dibagikan, pilih ikon Share, masukkan passcode, lalu akan muncul kode QR yang bisa dishare.

Tombol Emergency di Menu Power

Tombol Emergency di Menu Power

Di Android Q, tombol emergency bisa dengan mudah diakses dengan cara menahan tombol power.

Menu Privacy di Settings

Menu privacy di Settings

Privacy menjadi perhatian utama di Android Q. Hal ini terlihat dengan adanya pilihan menu Privacy di Settings. Menu privacy ini bisa kita gunakan untuk mengakses app permissions, konten di lock screen, layanan autofill, histori lokasi serta setting diagnosa dan penggunaan smartphone.

Mode desktop

Mode Desktop Android Q

Google memberikan hak khusus pada Huawei dan Samsung untuk menghadirkan mode desktop di Android. Melalui mode desktop, saat smartphone dihubungkan dengan layar eksternal akan menampilkan user interface layaknya layar komputer.

Itu dia beberapa perubahan yang sudah bisa terlihat di Android Q Developer Preview. Silakan tinggalkan pertanyaan dan komentar kamu.

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *