Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

Cara Menampilkan Indikator Sisa Waktu Baterai Windows 10

Indikator sisa waktu baterai Windows 10 sudah dihilangkan sejak Creators Update. Kita hanya bisa melihat persentase sisa baterai saat kursor diarahkan ke ikon baterai. Bagaimana jika kita ingin menampilkan kembali detail informasi sisa waktu baterai tersebut? Berikut tutorial yang bisa kamu coba.

Indikator Sisa Waktu Baterai Windows 10

Mengapa Windows menghilangkan indikator sisa waktu baterai?

Sebelum masuk ke tutorial, ada baiknya kita mengetahui alasan di balik menghilangnya informasi sisa waktu baterai di Windows 10.

Windows menganggap informasi tersebut hanya merupakan perkiraan. Sisa waktu baterai bisa berubah drastis tergantung proses yang berjalan di sistem, tingkat kecerahan layar, dan jaringan yang tersambung di laptop (Wi-Fi atau bluetooth). Komputer hanya menampilkan perkiraan estimasi sisa penggunaan baterai secara real time tanpa melihat proses yang sedang berjalan. Hal tersebut bisa membuat sisa durasi baterai berubah dan tidak pasti sehingga Windows menganggap fitur tersebut tidak lagi berguna.

Bukan hanya Windows, Apple juga melakukan hal yang sama. Secara default, baik macOS maupun Windows hanya menampilkan persentase sisa baterai tanpa informasi sisa durasi baterai itu sendiri.

Persentase sisa baterai WIndows 10

Cara mengembalikan sisa waktu baterai Windows 10

Untuk mengembalikan informasi sisa waktu baterai di Windows 10, kita hanya membutuhkan sedikit modifikasi di Windows Registry.

Peringatan: modifikasi Registry di Windows bisa membuat sistem tidak berjalan sempurna atau bahkan tidak bisa dioperasikan jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan kamu mengikuti tutorial ini dengan benar langkah demi langkah!

Buka Registry Editor dengan menekan tombol Start atau klik ikon Start di pojok kiri bawah, ketik “regedit” lalu tekan Enter. Jika muncul notifkasi keamanan, klik Izinkan.

Membuka Registry Editor

Di Registry Editor, lihat sidebar kiri dan pilih key berikut. Kamu juga bisa copy lalu paste di address bar.

Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Power

Jika sudah masuk, cari entri berikut untuk dihapus: EnergyEstimationDisabled dan UserBatteryDischargeEstimator.

Klik kanan pada entri EnergyEstimationDisabled, pilih “Delete” lalu klik “Yes”. Ulangi proses yang sama untuk entri UserBatteryDischargeEstimator.

Menghapus entri Registry Editor

Langkah berikutnya adalah membuat entri value baru. Klik kanan Power yang ada di sidebar kiri lalu pilih New – DWORD (32-bit) Value.

Membuat entri baru di Registry Editor

Beri nama EnergyEstimationEnabled.

EnergyEstimationEnabled

Double klik pada entri baru yang tadi kita buat, pastikan isian di “Value Data” adalah 1. Jika sudah benar, klik “OK”.

EnergyEstimationEnabled value

Selesai! Tutup Registry Editor lalu restart komputer. Setelah restart, arahkan kursor ke ikon baterai di area notifikasi, kamu akan melihat informasi sisa waktu baterai kembali muncul.

Sisa waktu baterai Windows 10 kembali mumncul

Nah, itu dia tutorial singkat cara menampilkan kembali sisa waktu baterai di Windows 10. Cukup mudah bukan? Jika kamu memiliki kendala atau pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *