Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

Halodoc Konsultasi Dokter Terpercaya Tanpa Perlu Antri

Penasaran dengan judul di atas? Halodoc konsultasi dokter terpercaya. Memangnya bisa konsultasi dengan dokter tanpa perlu antri?

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kamu simak penjelasan dan ulasan berikut ini.

Di dalam hidup kita, ada tiga hal yang pasti terjadi. Tiga hal itu adalah meninggal dunia, masa tua dan sakit.

Salah satu hal yang harus selalu menjadi perhatian adalah sakit. Kita tidak tahu kapan dan sakit apa yang akan menyerang kita.

Mengatasi sakit dengan Halodoc konsultasi dokter

Di era teknologi informasi seperti sekarang, hampir semua aktivitas bisa kita lakukan dengan bantuan teknologi. Termasuk dalam hal mengatasi sakit yang bisa muncul kapan saja dan di mana saja.

Saat mengalami sakit, kita tentunya ingin langsung tahu sakit dan tindakan serta obat apa yang bisa diambil.

Dulu, setiap sakit kita harus mencari dokter atau mantri secara langsung, baik di puskesmas, klinik, atau rumah sakit.

Lalu bagaimana jika kita sudah tidak bisa bergerak sama sekali akibat sakit tersebut. Untuk meminta bantuan kerabat juga tidak memungkinkan. Sedangkan sakit yang kita derita harus segera ditangani agar tidak semakin parah.

Berangkat dari permasalahan tersebut, hadirlah sebuah layanan online yang bernama Halodoc konsultasi dokter dan beragam layanan kesehatan dalam satu aplikasi.

Halodoc konsultasi dokter terpercaya

Halodoc konsultasi dokter terpercaya
Sumber: halodoc.com

Halodoc didirikan tahun 2016 oleh Jonathan Sudharta di bawah naungan PT. Media Dokter Investama. Perusahaan tersebut sebelumnya memang sudah lama berkecimpung di bidang farmasi dan kesehatan.

Sebelum Halodoc, beberapa aplikasi yang pernah dirilis antara lain LabConx dan ApotikAntar. Saat ini kedua aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan Halodoc.

HaloDoc dirancang untuk memfasilitasi kemudahan masyarakat dan mempersingkat akses pelayanan kesehatan.

Layanan dokter halodoc

Ada empat layanan utama yang dimiliki oleh Halodoc.

Pertama, layanan konsultasi dokter. Halodoc konsultasi dokter langsung dari aplikasi, baik layanan tanya dokter, meminta resep obat, maupun buat janji dokter.

Kedua, layanan beli obat. Kamu bisa membeli obat langsung dari aplikasi Halodoc, baik dengan resep maupun tanpa resep.

Ketiga, layanan rumah sakit. Kamu bisa mengecek direktori rumah sakit maupun membuat jadwal periksa di rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc.

Keempat, layanan pemeriksaan lab. Layanan ini bekerja sama dengan klinik Prodia, di mana kamu bisa melakukan pemeriksaan lab tanpa harus datang ke klinik.

Semua fitur dan layanan tersebut akan kita bahas lebih lengkap di bagian berikutnya.

Mengapa harus Halodoc konsultasi dokter

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan aplikasi Halodoc sebagai layanan konsultasi dokter dan kesehatan.

  • Terpercaya. Mulai dari dokter, apotek, klinik, rumah sakit, hingga asuransi yang terintegrasi dengan Halodoc dijamin akan mampu memenuhi kebutuhan kesehatan kamu.
  • Mudah, aman, dan nyaman. Dengan dukungan teknologi yang canggih dan real time, kebutuhan kamu akan penanganan medis dan kesehatan semakin cepat didapatkan.
  • Di mana saja, kapan saja. Dengan layanan 24 jam, Halodoc siap memberikan layanan kesehatan bagi kamu pribadi dan keluarga di manapun berada.

Akses Halodoc konsultasi dokter

Halodoc menyediakan layanannya di berbagai platform. Kamu bisa mengakses Halodoc melalui situs website, aplikasi Android dan aplikasi iOS.

Berikut adalah link aplikasi Halodoc yang bisa kamu akses.

Menurut pribadi penulis, Halodoc lebih mudah diakses dan digunakan melalui aplikasi baik Android maupun iOS.

Untuk ulasan dan penjelasan aplikasi, akan lebih fokus di aplikasi Android.

Cara daftar Halodoc di Android

Bagi kamu pengguna Android, berikut adalah cara instal dan mendaftar di Halodoc konsultasi dokter.

Instal aplikasi Halodoc di Play Store

Aplikasi Halodoc resmi bisa kamu unduh langsung di Play Store. Silakan kamu klik link Play Store yang sudah diberikan di atas.

Secara manual, kamu bisa buka Play Store di smartphone atau perangkat Android.

Ketik “halodoc” di kolom pencarian. Klik hasil pencarian aplikasi dengan nama Halodoc.

cari halodoc di play store

Di halaman utama aplikasi, klik Install. Aplikasi Halodoc bisa kamu install secara gratis dengan ukuran file yang tidak terlalu besar yaitu 30,22 MB.

install halodoc android

Pendaftaran Halodoc

Setelah Halodoc berhasil dinstal, langsung buka aplikasi dan kamu akan langsung menuju halaman awal Halodoc.

Halaman awal aplikasi halodoc

Sebagai pengguna baru, kamu harus memasukkan nomor ponsel terlebih dahulu. Pastikan nomor hp yang kamu masukkan aktif dan bisa menerima sms karena Halodoc akan mengirim kode verifikasi.

daftar nomor hp halodoc

Setelah itu masukkan kode verifikasi yang kamu terima.

verifikasi nomor hp halodoc

Setelah sukses verifikasi, kamu akan diminta untuk mengaktifkan lokasi atau memasukkan alamat secara manual. Disarankan untuk memilih aktifkan lokasi agar layanan bisa lebih maksimal. Pastikan GPS kamu dalam kondisi aktif.

aktifkan lokasi halodoc

Sekarang kamu sudah berhasil masuk ke halaman awal Halodoc. Silakan lengkapi terlebih dahulu profil kamu melalui tab menu kiri bawah (ikon orang).

edit profil halodoc

Di menu profil kamu juga bisa menghubungkan data polis asuransi dengan aplikasi Halodoc.

Pilih menu “Link your insurance”. Jika polis asuransi yang kamu miliki tersedia di pilihan, masukkan data nomor polis dan lakukan validasi.

menghubungkan asuransi dengan halodoc

Proses pendaftaran telah selesai dan kamu sudah bisa menggunakan berbagai fitur yang ditawarkan Halodoc konsultasi dokter.

Fitur Halodoc konsultasi dokter

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada empat fitur utama Halodoc yaitu chat dengan dokter, beli obat, pemeriksaan lab dan kunjungan rumah sakit.

Berikut penjelasan keempat fitur Halodoc tersebut.

Tanya dokter

fitur tanya dokter halodoc

Fitur ini adalah fitur utama Halodoc. Kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter terpercaya. Mulai dari dokter umum hingga dokter spesialis.

Ada dua jenis layanan tanya dokter yaitu gratis dan berbayar. Untuk pengguna baru, ada beberapa dokter yang bisa kamu pilih secara gratis.

Untuk mencoba layanan ini, silakan kamu pilih dokter yang ingin kamu tanya. Untuk pertama kali, bisa coba dokter yang gratis atau free.

tanya dokter gratis halodoc

Setelah permintaan kamu terkonfirmasi, akan terbuka jendela chat dengan dokter yang dipilih tersebut. Kamu bisa langsung memberikan keluhan atau sakit yang diderita layaknya konsultasi pada umumnya.

konsultasi dokter halodoc

Di Halodoc konsultasi dokter, respon yang diberikan sangat cepat dan tidak bertele-tele. Setelah dokter berhasil mendiagnosa secara umum, kamu akan diberikan resep obat dan catatan dokter di akhir sesi.

Hasil halodoc konsultasi dokter
Catatan dokter halodoc

Tidak cukup sampai di situ, setelah selesai konsultasi dengan dokter, kamu bisa langsung membeli obat sesuai resep yang diberikan. Layanan ini terintegrasi dengan layanan Go-Med dari Go-Jek.

Resep obat halodoc

Resep dari dokter bisa langsung kamu tambahkan ke keranjang belanja dan melakukan pembelian obat. Kamu hanya perlu menunggu di rumah hingga obat diantar oleh kurir.

Harga obat yang ditawarkan juga masih tergolong murah. Tidak berbeda jauh dengan harga di apotek pada umumnya.

Beli obat

Layanan kedua yang dimiliki oleh Halodoc adalah beli obat.

Layanan beli obat Halodoc

Kamu bisa mengetik nama obat di kolom pencarian atau mencari obat berdasarkan jenis penyakit.

Selain itu, jika kamu memiliki kertas resep dari dokter, bisa langsung discan melalui aplikasi. Jika obat tersedia, bisa langsung melakukan pembelian di aplikasi Halodoc. Sangat mudah bukan?

Pembelian obat menggunakan jasa Go-Med dari Gojek. Untuk pembayaran, kamu bisa menggunakan saldo gopay atau wallet Halodoc.

pembayaran obat di halodoc

Pemeriksaan lab

Layanan Halodoc berikutnya adalah pemeriksaan lab. Saat ini Halodoc berkerja sama dengan klinik Prodia. Kamu bisa dengan mudah melakukan pemeriksaan lab tanpa harus datang ke klinik.

pemeriksaan lab halodoc

Sampel dan spesimen yang diperlukan akan diambil oleh petugas klinik untuk kemudian diperiksa di laboratorium berdasarkan paket yang kamu pilih.

Pastikan kamu memilih paket pemeriksaan dengan teliti karena kamu tidak bisa mengubahnya setelah sampel diambil.

Harga dan tarif yang diberikan sesuai dengan paket yang kamu pilih dan sudah tertera di aplikasi Halodoc.

Kunjungan rumah sakit

Layanan lain dari Halodoc yang tidak kalah menarik adalah kunjungan rumah sakit.

Melalui layanan ini, kamu bisa membuat jadwal janji temu dengan dokter di rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc.

layanan rumah sakit halodoc

Kamu bisa memasukkan nama kota di kotak pencarian agar lebih mudah dalam menentukan rumah sakit yang akan dikunjungi.

Setelah berhasil menemukan rumah sakit beserta detail alamat, kamu bisa memilih pendaftaran pasien pengguna BPJS atau pasien umum.

memilih jenis pasien halodoc

Setelah itu kamu bisa memilih jenis poliklinik dan dokter praktek dari rumah sakit tersebut.

memilih rumah sakit halodoc

Langkah terakhir adalah pilih jadwal yang tersedia. Pastikan kamu tidak asal dalam memilih jadwal dan sesuaikan dengan jadwal pribadi agar bisa datang tepat waktu.

memilih jadwal rumah sakit halodoc

Kesimpulan

Dari keempat layanan utama Halodoc konsultasi dokter menurut penulis yang paling menarik adalah tanya dokter. Kecepatan dan ketepatan respon dari dokter Halodoc tidak diragukan lagi. Layanan #tanyadokterasli dari Halodoc merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

Resep obat yang diberikan bisa langsung kita beli berkat integrasi layanan Halodoc dengan Go-Jek. Semua bisa kita dapatkan hanya dengan duduk menunggu di rumah.

Untuk bisa memanfaatkan semua layanan Halodoc secara maksimal, disarankan kamu memiliki saldo gopay yang cukup atau dengan melakukan top up wallet Halodoc.

Nah, itu dia review dan ulasan lengkap Halodoc konsultasi dokter terpercaya. Semoga bisa membantu dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang kamu miliki.

Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa share artikel ini dan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah.

Sumber

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *