Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

5 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop

Mengatur kecerahan layar laptop merupakan suatu hal yang harus kamu lakukan berulang kali. Saat kondisi cahaya terang, kamu harus ikut menerangkan layar laptop. Saat cahaya kurang atau gelap, kamu harus meredupkan layar laptop.

Selain itu, meredupkan layar laptop juga bisa meningkatkan ketahanan baterai.

Mengatur kecerahan layar laptop

Mengatur kecerahan layar laptop bisa dilakukan dengan cara manual maupun otomatis. Windows bisa mengubah tingkat brightness layar berdasarkan kondisi laptop. Saat laptop terhubung ke power AC, berapa sisa baterai, atau menggunakan sensor cahaya di beberapa laptop terbaru.

Cara mengatur kecerahan layar laptop secara manual

Coba perhatikan keyboard laptop yang kamu miliki. Hampir semua laptop sudah memiliki tombol shortcut di keyboard yang bisa mengatur tingkat brightness layar.

Tombol tersebut biasanya ada di urutan tombol F (F1 – F12) yang ada di atas tombol numerik.

Biasanya tombol brightness ditandai dengan ikon matahari atau sejenisnya. Langsung saja tekan tombol tersebut, biasanya ada dua tombol yaitu untuk mencerahkan dan meredupkan layar. Gunakan kombinasi tombol Fn jika tombol tersebut tidak bisa langsung berfungsi saat ditekan.

Tombol brightness di keyboard laptop

Lalu bagaimana jika di keyboard tidak ada tombol brightness tersebut?

Kamu dengan mudah bisa mengatur tingkat kecerahan layar langsung dari desktop Windows.

Di Windows 10, klik ikon baterai di area kanan bawah lalu klik di kolom brightness.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur kecerahan layar komputer Windows 10 melalui menu Setting. Buka Settings melalui Start menu, pilih System lalu pilih Display. Klik dan atur tingkat kecerahan melalui slider yang tersedia.

Mengatur kecerahan layar Windows 10 melalui System

Jika kamu pengguna Windows 7 atau Windows 8, pilihan tersebut bisa dibuka melalui Control Panel.

Buka Control Panel, pilih “Hardware and Sound”, lalu pilih “Power Options”. Lihat slider yang ada di bagian bawah. Kamu bisa mengatur kecerahan layar komputer Windows 7 atau Windows 8 dengan menggeser slider tersebut.

Cara mengatur kecerahan layar komputer windows 7 dan Windows 8

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa mengatur kecerahan layar laptop dengan memanfaatkan menu Windows Mobility Center. Di Windows 10 dan 8.1, menu tersebut bisa dibuka dengan cara klik kanan tombol Start (atau tekan tombol Windows + X), lalu pilih Mobility Center. Bagi pengguna Windows 7, cukup gunakan shortcut tombol Windows + X.

Ubah tingkat kecerahan layar dengan menggeser slider di bagian Display brightness.

Mengatur kecerahan layar laptop melalui mobility center

Cara mengatur kecerahan layar PC

Cara mengatur kecerahan layar di atas bisa digunakan di perangkat laptop, tablet dan PC all in one.

Jika kamu menggunakan komputer PC dengan layar eksternal, pengaturan brightness layar bisa dilakukan melalui perangkat layar eksternal tersebut.

Cari tombol brightness di monitor, biasanya ada di sisi bawah atau samping, berdekatan dengan tombol power. Jika tidak ada tombol tersebut, kamu mungkin harus masuk ke Menu atau dengan menekan tombol Option untuk mengatur tingkat kecerahan layar.

Mengatur kecerahan layar secara otomatis saat menggunakan baterai dan power AC

Kamu bisa mengatur kecerahan layar laptop secara otomatis berdasarkan kondisi laptop tersambung ke power AC atau menggunakan baterai.

Sebagai contoh, kamu bisa mengatur kecerahan layar laptop menjadi tinggi saat tersambung ke power AC dan ke tingkat rendah saat menggunakan baterai. Windows bisa melakukan hal tersebut secara otomatis.

Berikut langkah yang bisa kamu lakukan.

Buka Control Panel, pilih Hardware and Sound, lalu pilih Power Options. Di Windows 10, klik kanan ikon baterai lalu pilih Power Options. Klik Change plan settings di power plan yang ingin kamu atur, umumnya di Balanced.

Kamu bisa mengatur tingkat kecerahan layar laptop saat menggunakan baterai dan tercolok listrik. Gunakan slider di opsi Adjust plan brgihtness.

Mengatur kecerahan layar secara otomatis saat menggunakan baterai dan power AC

Mengatur kecerahan layar secara otomatis berdasarkan sisa baterai

Kamu bisa mengatur kecerahan layar laptop atau tablet Windows berdasarkan sisa baterai. Di Windows 10, kamu bisa menggunakan fitur Battery Saver.

Buka menu Settings, pilih System lalu pilih Battery. Di bagian Battery saver, pilih persentase sisa baterai untuk mengaktifkan baterry saver. Pastikan kamu mencentang pilihan “Lower screen brightness while in battery saver”.

Dengan mengaktifkan Battery saver, tingkat kecerahan layar akan otomatis berkurang saat sisa baterai mencapai level yang telah diatur sebelumnya. Hal ini akan menghemat daya baterai laptop atau tablet.

Secara default, Battery saver aktif saat baterai tersisa 20%.

Mengatur kecerahan layar secara otomatis berdasarkan sisa baterai

Sayangnya kamu tidak bisa mengatur tingkat kecerahan saat melakukan setting Battery saver.

Mengatur kecerahan layar laptop dengan sensor cahaya

Beberapa laptop dan tablet terbaru sudah dilengkapi dengan sensor cahaya di bagian depan layar. Sistem kerjanya mirip dengan layar smartphone saat ini.

Windows bisa menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara otomatis menggunakan sensor tersebut. Saat kondisi cahaya terang, brightness layar otomatis meningkat. Saat kondisi cahaya kurang atau gelap, layar otomatis akan meredup.

Fitur ini hanya tersedia di Windows 10. Kamu bisa melakukan setting melalui menu Settings, pilih System lalu pilih Display. Pilih opsi “Change brightness automatically when lighting changes” untuk mengaktifkan. Untuk menonaktifkan fitur, hilangkan centang dari pilihan tersebut.

Pilihan tersebut hanya tersedia jika laptop atau tablet kamu memiliki sensor cahaya.

Mengatur kecerahan layar laptop dengan sensor cahaya

Selain melalui menu Settings, kamu juga bisa mengatur fitur ini melalui Control Panel.

Buka Control Panel, pilih Hardware and sound, lalu pilih Power options, klik Change plan settings di power plan yang ingin kamu atur. Di bagian bawah, pilih opsi “Change advanced power settings”.

Klik pada opsi Display, pilih opsi “Enable adaptive brightness”. Kamu bisa mengatur fitur adaptive brightness aktif atau tidak saat kondisi laptop menggunakan baterai dan tersambung power AC.

Mengatur adaptive brightness di Control Panel

Nah, itu dia tutorial lengkap cara mengatur kecerahan layar laptop di Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10.

Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa share artikel ini dan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah.

No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *