Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

Aplikasi Pengelola Password Terbaik, Solusi Keamanan Dunia Online

Password menjadi hal penting saat berurusan dengan dunia online. Terkadang kita kesulitan saat harus membuat password. Lebih parah lagi jika kita sering lupa password yang pernah dibuat sebelumnya.

Aplikasi pengelola password terbaik

Saat ini “123456” dan “password” masih menjadi password yang paling banyak digunakan. Password sendiri merupakan pintu keamanan di dunia online, sekaligus menjadi kendala terbesar bagi sebagian pengguna. Hal itulah yang membuat aplikasi pengelola password terbaik penting untuk digunakan.

Melalui aplikasi pengelola password atau password manager, kamu tidak perlu menghafal kode unik atau kombinasi lengkap saat membuat password. Kamu hanya membutuhkan satu password utama untuk membuat beberapa password unik. Password yang dibuat melalui aplikasi pengelola password dienkripsi sedemikian rupa dan tersimpan di database aplikasi.

Aplikasi pengelola password sangat tepat digunakan untuk meningkatkan keamanan akun online seperti akun media sosial atau game.

Kamu bisa menemukan banyak aplikasi password manager, baik yang gratis maupun berbayar. Berikut adalah dua aplikasi pengelola password terbaik yang bisa kamu gunakan. Aplikasi berikut sudah mendukung multi platform sehingga bisa digunakan di berbagai perangkat. Mulai dari Windows, MacOS, Android, iOS maupun browser.

Aplikasi Pengelola Password Terbaik: LastPass

Aplikasi pengelola password LastPass
Sumber gambar: lastpass.com

LasPass hampir memiliki semua fitur yang dibutuhkan. Mulai dari membuat password yang unik dan kompleks, menyimpan dan mengatur info login, sinkronisasi antar perangkat, hingga berbagi dengan orang lain.

Salah satu fitur yang tidak kalah menarik adalah audit dan update password. Fitur ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menghilangkan duplikat password hanya dengan satu atau dua klik.

Aplikasi ini juga bisa menyimpan nomor kartu kredit dan data pribadi lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk pengisian otomatis di formulir online sebuah situs. Baik saat kamu melakukan pembelian, registrasi akun, hingga pembayaran tagihan.

LastPass juga sudah mendukung berbagai pilihan otentikasi untuk melindungi vault yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan autentikator seperti Symantec VIP dan Google Authenticator, hardware token seperti like YubiKey, dan sensor sidik jari.

Runner-up: Dashlane

Aplikasi pengelola password Dashlane
Sumber gambar: 9to5mac.com

Dashlane bisa kamu jadikan pilihan kedua setelah LastPass. Aplikasi ini memiliki tampilan antar muka yang menarik, mudah digunakan, dan memiliki berbagai fitur yang bisa meningkatkan keamanan online.

Fitur paling menarik adalah adanya penilaian password yang kamu miliki dan memberikan saran untuk meningkatkan tingkat keamanan sebuah password.

Hanya saja, Dashlane merupakan aplikasi berbayar. Kamu bisa membeli aplikasi ini dengan harga $40.

Hal apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih aplikasi pengelola password terbaik?

Pada dasarnya, aplikasi pengelola password menyimpan username dan password yang kamu miliki. Biasanya melalui plugin browser, saat kamu melakukan login ke sebuah situs, dan akan melakukan pengisian otomatis semua data login saat kamu mengunjungi kembali situs tersebut.

Semua data password akan disimpan di sistem vault yang sudah terenkripsi dan dilindungi dengan sebuah password master atau utama.

Selain hal tersebut, aplikasi pengelola password biasanya juga memiliki berbagai fitur tambahan. Beberapa fitur tambahan yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan aplikasi pengelola password adalah sebagai berikut:

Pembuatan password

Pembuatan password

Password yang kuat terdiri dari kombinasi berbagai karakter, panjang, dan harus berbeda untuk setiap akun. Bayangkan jika kamu memiliki hingga ratusan akun dan harus membuat password yang berbeda, akan sangat melelahkan bukan.

Nah, di sinilah aplikasi pengelola password bisa kamu andalkan. Kamu bisa membuat password yang kompleks, terdiri dari abjad, angka maupun karakter khusus. Fitur utama ini wajib ada di aplikasi pengelola password.

Aplikasi pengelola password terbaik juga harus bisa menganalisis password yang kamu miliki, apakah lemah atau kuat. Selain itu juga harus mampu meningkatkan keamanan sebuah password dengan satu klik.

Autofill dan auto login

Autofill form di situs web

Sebagian besar aplikasi pengelola password menyediakan fitur pengisian formulir otomatis dan melakukan login otomatis di situs favorit kamu. Password utama menjadi hal wajib yang harus kamu miliki untuk menggunakan fitur tersebut.

Fitur ini memang terlihat kurang aman, sehingga aplikasi pengelola password terbaik harus menyediakan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut.

Keamanan fitur sharing

Password sharing

Kadang kamu ingin membagikan password pada anggota keluarga atau rekan kerja. Aplikasi pengelola password terbaik harus memiliki fitur share password yang bisa digunakan tanpa membahayakan keamanan pengguna.

Otentikasi dua faktor (two-factor authentication)

two-factor authentication di aplikasi password manager

Password yang kamu miliki, termasuk password master aplikasi, sangat rentan untuk diretas. Aplikasi pengelola password wajib menyediakan fitur two-factor authentication. Otentikasi bisa menggunakan metode PIN, sidik jari dan sebagainya. Untuk meningkatkan keamanan, kamu harus mengaktifkan fitur ini.

Perlindungan data pribadi. Semakin sering melakukan aktivitas online seperti belanja atau melakukan registrasi di situs web, semakin banyak data pribadi yang kamu berikan. Mulai dari kartu kredit, rekening bank, alamat dan data lainnya. Aplikasi pengelola password harus bisa menjaga keamanan data-data pribadi pengguna sehingga keamanan tetap terjaga.

Nah, itu dia pembahasan aplikasi pengelola password terbaik yang bisa kamu jadikan referensi.

Aktivitas online tidak bisa dijamin 100 persen aman. Akan tetapi, untuk mengurangi risiko, aplikasi pengelola password bisa dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan keamanan.

Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa share artikel ini dan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah.

8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *