Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

Alasan Jadi Blogger, Kisah Awal Hingga Mengenal Blogger Pontianak

Menjadi blogger butuh alasan? Atau hanya sekedar menulis untuk berbagi? Berikut saya akan mencoba sedikit bercerita perjalanan dan alasan jadi blogger.

Tahun 2008 merupakan tahun pertama saya masuk kuliah. Masuk ke jenjang pendidikan tinggi, otomatis banyak hal baru yang saya dapatkan.

Salah satu hal yang barus saya dapatkan saat masuk kuliah adalah laptop. Info dari teman-teman yang ada di kampus, laptop merupakan kebutuhan wajib sebagai alat tempur perkuliahan.

Berawal dari laptop baru tersebut, saya mulai tertarik akan dunia teknologi. Sedikit demi sedikit, saya mulai mengutak atik software dan sistem operasi.

Laptop dan modem pertama

Laptop Axioo Neon

Laptop pertama yang saya miliki adalah Axioo. Iya, Axioo, merk laptop yang mungkin tidak semua orang tahu. Dengan sistem operasi Windows XP dan bermodalkan modem CDMA merk Venus.

Modem CDMA Venus

Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya kondisi saat itu. Dengan kinerja laptop yang bisa dibilang lemot. Ditambah lagi koneksi internet dari modem yang masih di level Kbps.

Bandingkan dengan kondisi saat ini, dengan uang Rp 2 juta – Rp 3 juta sudah bisa mendapatkan laptop dengan kinerja powerful. Koneksi internet, sudah bisa mengandalkan jaringan 4G provider seluler atau ISP hingga 100 Mbps.

Trouble menjadi sumber tulisan blog: alasan awal jadi blogger

Trouble jadi sumber alasan menjadi blogger

Dengan seringnya mengutak atik laptop, banyak trouble yang mulai saya alami. Solusi harus dicari melalui website yang berasal dari luar negeri dan berbahasa Inggris.

Berawal dari kondisi tersebut, saya mulai berpikir untuk membagikan trouble dan solusi yang saya alami. Hal pertama yang terlintas di pikiran saya adalah permasalahan sistem operasi terutama Windows.

Bermodal laptop dan modem jadul yang saya miliki, mulailah perjalanan menelusuri dunia internet. Lewat Google, saya mulai mencari cara membuat tulisan atau artikel di internet.

Dari situ saya mulai mengenal istilah blog. Ternyata semua orang bisa menerbitkan tulisan di internet. Salah satu media yang bisa digunakan adalah blog.

Saat itu di tahun 2010, CMS blogspot sedang banyak dibahas di berbagai blog dan forum. Saya pun mulai mempelajari dari awal bagaimana cara menjadi blogger khususnya di blogspot.

Blog pertama: gratis

Akhirnya saya mendaftarkan diri di blogspot (sekarang blogger.com). Domain pertama yang saya gunakan adalah bit-logi.blogspot.com. Dengan embel-embel blogspot di domain tersebut, menandakan bahwa blog saya merupakan versi gratis tanpa domain TLD.

Setiap permasalahan atau trouble yang saya alami selama mengutak-atik laptop dan Windows, saya jadikan bahan tulisan dan artikel di blog. Murni tulisan sendiri dan bersumber dari pengalaman pribadi.

Saat itu Windows 7 sudah mulai banyak digunakan. Saya pun memaksa Axioo Neon diinstal Windows 7. Memang jadi ngos-ngosan, tapi harus dipaksa agar saya tetap bisa mendapat sumber inspirasi tulisan.

Menjadi blog download program: demi rupiah

Setelah jalan selama beberapa bulan, saya mencoba memonetisasi blog dengan penyingkat url. Saat itu saya menggunakan trik download program Windows dengan menggunakan layanan penyingkat url Adf.ly.

Akan tetapi tidak bertahan lama. Saya merasa dengan menggunakan trik tersebut, alasan awal saya menjadi blogger menjadi berubah. Passion yang sebelumnya murni untuk berbagi seakan menjadi hilang.

Teknobit.web.id, mempertegas alasan jadi blogger

Alasan jadi blogger

Setelah mencoba mempelajari beberapa ilmu baru di internet, khususnya dari blog-blog ternama, akhirnya saya memutuskan untuk kembali lagi ke tujuan awal menjadi seorang blooger.

Murni untuk berbagi dan sharing pengalaman. Domain blog dari yang sebelumnya gratis saya ubah jadi domain TLD berbayar yaitu .web.id. Dengan bermodal sekitar Rp 50 ribu, saya berhasil membeli domain teknobit.web.id melalui Rumahweb.

Artikel tutorial khususnya dengan tema Windows semakin saya perbanyak. Berbekal pengalaman pribadi dan mencari dari sumber website luar negeri, saya mulai kembali rutin menulis berbagai tutorial.

Lonjakan pengunjung blog mulai saya dapatkan. Pageview sudah mencapai ratusan per hari dan bisa hampir sepuluh ribu tiap bulan. Dengan peningkatan tersebut, semangat ngeblog pun menjadi bertambah.

2015, perkenalan dengan Blogger Pontianak

Berawal dari keisengan saat mencari grup blogger di Facebook, saya menemukan komunitas Blogger Pontianak. Saat itu, Blogger Pontianak lebih dikenal dengan nama Buda’ Blogger.

Buda’ dalam bahasa melayu Pontianak berarti anak.

Saya memutuskan untuk bergabung dengan grup Facebook tersebut. Dengan harapan bisa menambah kenalan dan koneksi serta meningkatkan kemampuan ngeblog.

Di tahun 2016, Blogger Pontianak mulai melakukan pendataan resmi para anggotanya dan membuat grup Whatsapp. Segala hal yang berhubungan dengan dunia blog semakin antusias dibahas melalui grup WA tersebut.

Melalui Komunitas Blogger Pontianak (KBP), saya mulai sering mengikuti berbagai event dan lomba yang melibatkan komunitas.

2017, mencoba lebih profesional dengan Maintekno.com

Dari awalnya bit-logi, berubah menjadi Teknobit, hingga akhirnya di tahun 2017 saya memutuskan untuk migrasi dari platform Blogspot ke WordPress dan memilih domain baru dengan TLD .com.

alasan jadi blog prefesional

Nama domain yang saya pilih adalah Maintekno.com. Dengan menggunakan WordPress, alhasil saya juga harus menggunakan self hosting.

Biaya yang saya keluarkan sekitar Rp 700 ribu tiap tahunnya. Untuk mengakali agar biaya tersebut tidak menguras dana tabungan, akhirnya saya memutuskan untuk memonetisasi blog dengan Google Adsense.

Setelah bertransformasi menjadi MainTekno, bahasan blog saya perluas dengan tema smartphone dan gadget. Jadi, selain tema utama tutorial komputer, MainTekno juga membahas review mulai dari smartphone, aplikasi, hingga update dunia teknologi informasi.

27 Oktober, Selamat Hari Blogger Nasional

Cerita dan alasan saya menjadi blogger sengaja saya tuangkan dalam bentuk artikel. Hal ini dalam rangka memperingati hari Blogger Nasional yang diperingati tiap tanggal 27 Oktober.

Hari blogger nasional

Semoga melalui hari Blogger nasional, semangat menulis dan berbagi di media blog semakin meningkat.

Salam Blogger!

Jangan lupa share artikel ini dan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah.

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *