Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

5 Cara Mengatasi Memori Internal HP Penuh

Cara mengatasi memori internal HP penuh sebenarnya cukup mudah. Kamu tidak perlu melakukan trik khusus untuk melakukannya.

Khusus bagi pengguna smartphone Android, kali ini kita akan membahas beberapa cara untuk melegakan ruang penyimpanan.

Mengatasi Memori Internal HP Penuh

Mengatasi Memori Internal HP Penuh

Smartphone Android sangat rentan mengalami masalah kehabisan ruang penyimpanan. Banyak faktor yang mempengaruhi memori internal hp cepat penuh. Misalnya aplikasi yang diinstal, jumlah file seperti musik atau video dan data cache yang digunakan saat online.

Pada smartphone kelas menengah ke bawah, hal ini menjadi permasalahan utama bagi penggunanya. Semakin sedikit sisa ruang penyimpanan hp, kamu akan semakin sering melakukan pengecekan dan penghapusan file.

Berikut ini adalah 5 cara mudah mengatasi memori internal HP penuh.

Menggunakan Tool Penyimpanan Bawaan Android

Android terbaru memiliki menu kelola penyimpanan yang bisa menunjukkan apa saja yang membuat memori internal penuh.

Untuk melihat menu tersebut, buka Settings / Pengaturan, klik pada menu Storage / Penyimpanan. Kamu bisa melihat berapa memori yang digunakan sebuah aplikasi, termasuk data dari aplikasi tersebut.

Menu Storage ini bisa berbeda, tergantung versi Android dari smartphone yang kamu gunakan.

Android 8.0 Oreo

Dibandingkan versi Android sebelumnya, pada Android Oreo terdapat perbedaan yang signifikan pada menu Storage. Tampilan detail menu terlihat lebih rinci.

Di Android Oreo, daftar file dikelompokkan berdasarkan kategori. Sebagai contoh, saat kamu membuka pilihan “Photos & Videos”, bukan hanya file foto dan video yang ditampilkan, tapi juga aplikasi yang berkaitan. Misalnya aplikasi editor foto atau video.

Baca Juga:  BBM di Android dan iPhone
Menu Storage di Android Oreo

Selain itu terdapat kategori “Other apps” dan “Files”. kategori tersebut berisi file-file yang tidak terdapat di kategori utama.

Pilihan Apps di menu storage Android Oreo

Cukup basa basinya! Untuk mengatasi memori internal hp penuh di Android Oreo, pilih opsi “Free Up Space” di bagian atas menu.

Mengatasi Memori Internal HP Penuh

Opsi “Free Up Space” akan menampilkan list file download, foto dan video yang sudah diback up, serta aplikasi yang jarang digunakan. Kamu bisa memilih file mana yang ingin dihapus.

Jika cara ini dirasa belum cukup membuat ruang penyimpanan hp lega, kamu bisa memilih secara manual file yang ingin dihapus.

Pilih aplikasi yang menurut kamu menyimpan file dan data berukuran lumayan besar. Sebagai contoh aplikasi streaming seperti Google Play Music, Spotify, Joox dan sebagainya.

Membersihkan data aplikasi di Android Oreo

Android 7.0 Nougat / ke bawah

Sama seperti di Android Oreo, opsi Storage ada di menu Settings.

Kamu tinggal pilih kategori mana yang ingin diperiksa untuk kemudian dihapus. Sebagai contoh, pada opsi Apps kamu bisa menghapus aplikasi yang memakan memori lumayan besar.

Silahkan dieksplor opsi yang tersedia. Hapus aplikasi atau file yang menurut kamu tidak terlalu berguna dan menghabiskan ruang penyimpanan.

Menu Storage di Android

Pada opsi apps, kamu harus perhatikan ukuran aplikasi, data, dan cache. Sebagai contoh, jika kamu menginstal Spotify dan menyimpan banyak cache offline, bisa jadi Spotify menghabiskan memori lebih dari 1 GB. Kamu bisa menghapus file cache tersebut untuk menambah ruang kosong memori.

Semua aplikasi streaming serupa melakukan hal yang sama dalam hal cache. Pada gambar berikut, terlihat aplikasi Google Play Music hanya berukuran 40,66 MB. Tapi pada bagian ukuran cache data menghabiskan memori hinga 2,24 GB.

Baca Juga:  Vivo Apex, Hadir Tanpa Tombol, Port dan Notch

Kamu bisa melihat memori yang digunakan setiap aplikasi di menu Settings, baik melalui opsi Storage maupun opsi Apps.

Menghapus cache data aplikasi

Menghapus File dan Folder Menggunakan Aplikasi Files by Google

Fitur Storage bawaan Android mampu menampilkan memori yang digunakan tiap jenis file. Tapi fitur tersebut tidak mampu menampilkan ukuran tiap file atau folder.

Salah satu aplikasi Google yang bernama Files by Google bisa digunakan untuk melakukan hal di atas. Aplikasi ini gratis dan bisa didownload di Play Store.

Aplikasi Files by Google

Di halaman utama aplikasi kamu bisa melihat beberapa pilihan menu: Unused apps, low-res files, duplicate files, temporary files, file download, dan file yang memakan banyak memori. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengatasi memori internal HP penuh dengan sangat mudah.

Tampilan aplikasi Files by Google

Pilih kategori file yang ingin dihapus. Pada kategori Temporary Files, bisa dilihat aplikasi apa yang menggunakan file tersebut.

Membersihkan file apps dengan aplikasi Files by Google

Pada bagian bawah terdapat menu Files. Saat dipilih, akan muncul tampilan yang mirip menu Storage di Android Nougat / ke bawah.

Menu File di aplikasi Files by Google

Setiap opsi akan menampilkan list file secara lebih rinci. Sebagai contoh, pada kategori Images akan menampilkan segala sesuatu dari folder tersebut. Seperti Screenshot, Download dan sebagainya. Kamu juga bisa mengurutkan file berdasarkan nama, tanggal dan ukuran.

Kategori file di aplikasi Files by Google

Memindahkan Data ke SD Card

Memindahkan Data ke Kartu Memori Eksternal

Masih banyak perangkat Android yang dilengkapi dengan slot microSD. SD Card sebagai memori eksternal bisa digunakan untuk mengatasi memori internal HP penuh.

File seperti musik, video, film, foto dan media lainnya bisa kamu pindahkan ke SD Card. Dengan memori eksternal, kamu bisa mengosongkan beberapa GB di memori internal ponsel.

Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Fitur untuk memindahkan aplikasi ke SD card tergantung versi Android yang kamu gunakan. Dengan memindahkan aplikasi ke SD card, kamu bisa menambah ruang penyimpanan memori internal.

Baca Juga:  Tutorial Singkat Membuka Program di Taskbar Dengan Mengarahkan Mouse

Pengguna Android Marshmallow / ke atas bisa memformat SD card sebagai memori internal. SD card akan terbaca sebagai penyimpanan lokal di perangkat tersebut.

Sistem akan menentukan aplikasi mana yang tepat untuk dipindahkan ke SD card. Satu hal yang harus diperhatikan, SD card yang sudah diformat menjadi memori internal tidak bisa terbaca di perangkat lain.

Untuk menggunakan SD card tersebut, kamu harus meghapus dan memformat ulang di perangkat baru yang akan digunakan.

Format SD Card

Memindahkan Foto ke Layanan Cloud

Salah satu jenis file yang banyak menghabiskan memori adalah foto.

Daripada menyimpan foto di memori internal, lebih baik mengupload file foto ke layanan cloud.

Ada banyak layanan cloud yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan foto. Sebut saja Google Photos, Dropbox, Microsoft OneDrive, Flickr dan sebagainya.

Bagi pengguna Android, terdapat aplikasi bawaan yaitu Photos yang terintegrasi dengan layanan Google Photos. File foto yang diupload di aplikasi Photos bisa juga diakses melalui komputer di photos.google.com.

Jika file foto telah diupload di aplikasi Photos, kamu bisa menghapus file tersebut di memori internal. Hal ini tentu saja bisa menambah beberapa GB ruang penyimpanan di memori internal.

Kelebihan menyimpan foto di aplikasi Photos atau layanan cloud lainnya adalah kamu bisa mengakses file foto tersebut di perangkat lain, baik smartphone maupun komputer.

Aplikasi Google Photos

Itu dia 5 cara mengatasi memori internal HP penuh. Jika cara di atas tidak berhasil membuat memori penyimpanan kembali lega, ada baiknya kamu pertimbangkan untuk mencari hp pengganti dengan memori yang lebih besar.

Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom komentar di bawah ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *