Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

Kamera Oppo Find X, Review Lengkap dan Hasil Foto

Kamera Oppo Find X sekilas tidak tampak pada body ponsel. Akan tetapi, berkat sistem mekanik naik-turun yang dimiliki Oppo Find X, kamera tersebut berhasil menjadi sebuah desain yang menakjubkan dan hanya muncul saat dibutuhkan.

Kamera Oppo Find X

Sesuatu yang wah, tapi bukan merupakan satu-satunya faktor yang bisa mengesankan para penggemar foto sejati. Hasil foto yang dihasilkan harus jauh lebih baik dibandingkan teknologi yang digunakan.

Pada review kali ini, kita akan mengetahui apakah kamera Oppo Find X layak diberi predikat kamera smartphone terbaik atau hanya sebatas unggul dari segi teknologi?

Spesifikasi Lengkap Kamera Oppo Find X

Kamera belakang:

  • Kamera 20MP
    • f/2.0 aperture
    • 1/2.8 inch sensor
    • 1.0µm pixel size
  • Kamera 16MP
    • f/2.0 aperture
    • 1/2.6 inch sensor
    • 1.22µm pixel size
  • Dual LED flash
  • Optical Image Stabilization
  • Phase-detection autofocus
  • Video: 4K, 1080p, 720p
  • Fitur: Time-lapse, Slo-mo, Portrait, HDR, Sticker, Panorama, Expert mode, Timer, AI beautification, filter.

Kamera depan:

  • Kamera 25 MP
    • f/2.0 aperture
  • Video: 1080p, 720p.
  • Fitur: Time-lapse, Portrait, Auto-HDR, Sticker, Panorama, Timer, AI beautification, filter.

Aplikasi Kamera Oppo Find X

Aplikasi Kamera Oppo Find X

Aplikasi kamera bawaan Oppo Find X terlihat sangat simpel dan sederhana. Hanya dalam hitungan menit, kita bisa menguasai penggunaan aplikasi kamera Oppo Find X ini. Dengan tampilan sederhana dan beberapa pilihan pengaturan di bagian atas. Terbatasnya menu pengaturan menjadi kekurangan utama aplikasi kamera Oppo Find X.

Hasil Kamera Oppo Find X di Siang Hari

Hasil kamera Oppo Find X di siang hari

Saat kondisi pencahayaan cukup di siang hari, kebanyakan kamera bekerja dengan baik, angka ISO bisa diturunkan dan mengurangi noise pada hasil jepretan. Kecepatan shutter bisa lebih singkat sehingga bisa mengurangi blur pada foto.

Dengan kondisi cahaya terang berarti bayangan lebih kuat yang mana akan mempengaruhi dynamic range. Fungsi HDR diset otomatis secara default dan bekerja dengan baik di sistem kamera Oppo Find X.

Dynamic range bekerja dengan baik pada bayangan, dengan menghadirkan sedikit detail, walaupun terdapat beberapa area gelap. Bagian langit dan tanah dapat ditampilkan dengan baik.

Baca Juga:  Vienna, BlackBerry Android Kedua

Foto ditampilkan cukup baik dengan warna yang cerah termasuk warna biru langit. Hal tersebut biasanya sulit dihasilkan oleh kamera mengingat cahaya langit jauh lebih terang dibandingkan di tanah.

Dengan detail yang tajam dan proses softening yang hampir tidak terlihat, Oppo sepertinya tidak berlebihan dalam melakukan proses akhir foto. Hasil foto terlihat lebih alami, tapi masih kurang menonjol.

Warna Foto Kamera Oppo Find X

Warna Hasil Foto Kamera Oppo Find X

Fitur AI di kamera Oppo Find X mampu menghasilkan warna yang jelas dengan tingkat saturasi yang baik. Semua itu bisa didapatkan tanpa melalui proses akhir yang berat.

Kamera cenderung menghasilkan warna lebih dalam tapi melalui cara yang lebih realistis. Ini merupakan hal baik bagi yang menyukai hasil lebih natural.

Detail Foto Oppo Find X

Detail Foto Oppo Find X

Detail foto yang dihasilkan melalui kamera Oppo Find X tergolong bagus. Dengan proses akhir yang tidak berlebihan, sedikitnya efek softening dan edit hasil akan menghadirkan detail foto yang baik.

Hasil jepretan terlihat detail seperti pada gambar di atas. Saat mengambil gambar hewan, terlihat jelas detail bulu-bulu hewan tersebut. Bahkan saat memotret kayu, tekstur kayu mampu ditampilkan hingga ke celah.

Pada gambar ketiga terlihat lebih soft. Ini disebabkan banyak terdapat area gelap di foto tersebut. Software kamera otomatis membuat foto menjadi lebih soft untuk membuang noise akibat area gelap tersebut. Tidak seburuk kamera smartphone lain.

Foto Landscape Oppo Find X

Foto Landscape Oppo Find X

Fofo landscape mencakup seluruh aspek fotografi seperti tingkat cahaya, warna, tekstur dan aspek lainnya dalam sebuah frame. Foto landscape menjadi tantangan tersendiri bagi kamera Oppo Find X. Saat fitur AI mampu mengidentifikasi kapan harus mengaktifkan HDR, hasil foto akan tampak baik-baik saja. Akan tetapi tidak selamanya menghasilkan foto seperti yang diharapkan.

Pada gambar pertama dan kedua, bahkan dengan eksposur lebih mampu menghasilkan warna yang cerah dan detail yang baik pada area bayangan. Akan tetapi pada gambar ketiga dan keempat seperti kehilangan detail dan warna tidak terlihat menonjol.

Baca Juga:  Blackberry Messenger Android: No Connection Found

Mode Potret Oppo Find X

Mode potret kamera Oppo Find X

Mode potret menghasilkan efek bokeh pada sebuah foto. Kamera DSLR menghasilkan bokeh dengan menggunakan lensa bukaan lebar dan depth of field yang kecil. Ponsel tidak bisa melakukan hal itu secara natural sehingga harus menggunakan multi lensa untuk menentukan jarak antara latar depan dan latar belakang pada subjek foto

Yang menjadi permasalahan adalah kamera ponsel sering tidak akurat dalam menentukan latar depan dan belakang sebuah foto. Hal ini membuat foto menghasilkan area blur yang seharusnya tidak blur atau blur yang dihasilkan kurang baik. Kamera Oppo Find X sebenarnya sudah cukup bagus dalam menghasilkan foto potret, tapi masih belum belum bisa bersaing dengan smartphone di kelasnya.

Mode potret di Oppo Find X mampu menghasilkan efek blur yang smooth, eksposur dan warna foto juga tampak seimbang. Akan tetapi saat dizoom, akan terlihat area blur dan detail yang kurang rapi. Sekilas foto tampak menarik, tapi bagi sebagian pengguna yang teliti akan merasa kurang puas.

Fitur HDR Oppo Find X

Fitur HDR Oppo Find X

High dynamic range (HDR) menggabungkan beberapa foto yang diambil dengan tingkat eksposur berbeda. Foto yang dihasilkan memiliki tingkat pencahayaan yang cukup dan memunculkan bayangan yang jelas.

Fitur HDR di Oppo Find X bisa dikatakan tidak terlalu buruk tapi juga tidak terlalu bagus. Efek HDR yang berlebihan akan merusak foto, seperti yang terdapat di kebanyakan kamera ponsel. Tapi Oppo Find X mampu menghasilkan foto yang tampak natural dengan tetap menampilkan detail dan highlight.

Low-light

Kamera Oppo Find X saat low light

Kamera ponsel akan benar-benar diuji saat mengambil gambar di pencahayaan yang kurang atau low light. Oppo Find X mengandalkan Night Mode untuk kondisi ini.

Opsi Night Mode tidak bisa dipilih secara manual, akan tetapi ditentukan oleh AI kamera, apakah harus menggunakan Night Mode atau tidak. Saat Night Mode atau modus malam aktif, kita diminta untuk menjaga ponsel dalam keadaan stabil selama beberapa detik. Kamera akan mengambil tingkat eksposur yang tepat untuk menghasilkan foto.

Baca Juga:  Android Q Developer Preview, Penuh Nuansa Baru

Pada contoh gambar di atas, semua diambil dalam kondisi nyaris gelap. Dari foto yang dihasilkan, kamera Oppo Find X tidak bisa diandalkan saat kondisi low light. Foto terlihat terlalu soft dan detail foto sangat kurang. Belum lagi kita diharuskan menahan ponsel agar tetap stabil dan tidak goyang, hampir mustahil dilakukan.

Kualitas Selfie Oppo Find X

Kualitas Selfie Oppo Find X

Oppo Find X memiliki kamera depan 25 MP yang mampu memuaskan para pecinta selfie.

Seperti pada gambar di atas, kamera depan menghasilkan foto selfie dengan detail dan warna yang baik. Fitur Auto-HDR akan aktif saat dirasakan perlu oleh sensor kamera.

Selain itu juga terdapat mode potret yang mampu menghasilkan efek bokeh. Seperti di gambar pertama, terlihat bagian lantai benar-benar berada di luar fokus.

Bagi pecinta selfie, Oppo Find X bisa dijadikan andalan untuk menghasilkan foto dengan kualitas sangat baik.

Hasil Video Oppo Find X

Secara singkat, kamera Oppo Find X mampu menghasilkan video dengan eksposur, audio, dan warna yang terbilang cukup baik. Fitur OIS (Optical Image Stabilizer) berfungsi dengan baik. Untuk kegiatan merekam video sehari-sehari atau sekedar vlog, Oppo Find X bisa kita andalkan.

Kesimpulan

Oppo Find X hadir dengan desain inovatif. Sistem mekanik naik turun menjadi sesuatu yang menarik. Akan tetapi, hasil foto akhirlah yang menjadi penentu sebuah kamera ponsel bagus atau tidak.

Kamera Oppo Find X menghasilkan foto dengan kualitas rata-rata. Software kamera tidak banyak melakukan proses akhir foto dan terkesal asal, jauh dari harapan sebagian besar pengguna dan pecinta fotografi.

Secara keseluruhan, bagi pengguna umum Oppo Find X bukan ponsel dengan kualitas kamera murahan dan tetap berkelas. Terutama kualitas foto selfie yang bisa jadi andalan kaum hawa dan pecinta media sosial.

Bagaimana menurut pendapat kalian? Silakan tinggalkan komentar di bawah.

Kredit gambar dan video: androidauthority.com

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *