Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

3 Tips Ringan Untuk Memaksimalkan Usia Baterai Gadget

Daya tahan baterai merupakan salah satu masalah utama yang sering dihadapi oleh pengguna gadget. Perlakuan yang salah pada baterai bisa mengakibatkan daya tahan dan usia baterai menjadi lebih singkat. Berikut 3 tips ringan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan usia baterai dan menjaganya tetap awet.

Tips Memaksimalkan Usia Daya Tahan Baterai Gadget

Kurangi tingkat kecerahan (brightness) layar
Layar merupakan komponen yang paling banyak memakan daya. Kurangi tingkat kecerahan layar saat berada di ruangan. Beberapa smartphone terbaru seperti Samsung Galaxy S5 bahkan memiliki fitur modus layar hitam putih untuk mengurangi pemakaian daya. Jangan lupa untuk mematikan koneksi Wi-Fi fan Bluetooth saat tidak diperlukan.

Tips Memaksimalkan Usia Daya Tahan Baterai Gadget

Hindari kontak langsung gadget dengan sinar matahari
Layaknya manusia, baterai juga tidak bisa bekerja pada kondisi cuaca ekstrim. Jangan letakkan gadget di lokasi yang terkena sinar matahari secara langsung. Jangan meninggalkan gadget di dalam mobil saat cuaca panas. Jika hal tersebut dilakukan, daya tahan baterai dan gadget akan berkurang. Dibutuhkan “istirahat” dan proses “pendinginan” agar baterai bisa kembali bekerja dengan baik.

Tips Memaksimalkan Usia Daya Tahan Baterai Gadget

Berikan “latihan” untuk gadget
Pada era 90’an, di mana baterai lithium ion mulai digunakan, saat membeli ponsel baru, kita diharuskan untuk menggunakan ponsel hingga baterai benar-benar kosong sebelum dilakukan pengisian ulang. Bagaimanapun, hal tersebut bisa menjadi suatu kebiasaan yang bagus untuk tetap diterapkan pada saat ini. Setiap satu bulan, berikan “latihan” untuk baterai. Gunakan gadget hingga baterai benar-benar kosong, kemudian lakukan proses charging hingga penuh. Hal tersebut bisa membuat proses charging akan selalu berjalan normal dan kapasitas baterai tepat seperti indikator.

Tips Memaksimalkan Usia Daya Tahan Baterai Gadget

Demikian tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan usia baterai gadget. Kualitas baterai yang terjaga tentu juga akan mempengaruhi kinerja dari sebuah gadget.

Baca Juga:  Cara Mudah Menghentikan Restart Otomatis Windows Update

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *