Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

10 Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

Semua versi Windows, baik Windows 7, Windows 8, Windows 10 atau Windows lawas, memiliki berbagai system tool tersembunyi yang tidak tampil di menu umum. Beberapa dari system tool tersebut bisa diakses melalu Start Menu, sebagian hanya bisa diakses melalui perintah khusus.

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

Sebagian besar tool tersebut bisa dibuka dengan gampang jika Anda mengetahui namanya, cukup klik Start atau buka Start Screen (Windows 8), ketik nama tool yang akan dibuka, lalu Enter. Bagi pengguna Windows 8, pilih kategori Settings di kolom pencarian.

Windows Memory Diagnostic

Windows memiliki tool Memory Diagnostic yang akan merestart komputer Anda untuk kemudian melakukan tes terhadap kerusakan pada memori sistem. Jadi, Anda tidak membutuhkan software khusus untuk melakukan cek pada kerusakan memori, cukup gunakan Windows Memory Diagnostic. Cara membuka tool ini juga sangat gampang, ketik Windows Memory Diagnostic melalui Start Menu, tool tersebut akan segera terbuka.

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

 

Resource Monitor

Tool ini mampu menampilkan proses dari aplikasi yang sedang berjalan. Anda bisa melihat proses CPU, disk, jaringan, dan grafik memori. Anda juga bisa melihat statistik dari program yang sedang berjalan.

Dari tool ini, Anda bisa melihat proses atau program apa saja dengan penggunaan memori atau jaringan paling banyak. Anda juga bisa melihat proses yang berhubungan dengan komunikasi internet, alamat web yang dihubungi oleh suatu program, dan sebagainya. Resource Monitor menampilkan statistik yang lebih detail dibandingkan dengan task manager.

Anda bisa membuka Resource Monitor melalui Task Manager. Klik kanan taskbar, pilih Task Manager, kemudian pilih tab Performance, lalu pilih Resource Monitor. Cara lain adalah melalui Start Menu atau Start Screen, ketik Resource Monitor lalu Enter.

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

 

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Shortcut Folder dan Item di Start Menu Windows 10

Performance Monitor

Tool Performance Monitor memungkinkan Anda untuk melihat laporan dari performa komputer. Tool ini bisa digunakan untuk melihat catatan performa dari proses data sepanjang waktu, termasuk juga untuk melihat bagaimana pengaruh dari perubahan sistem terhadap performa Windows.

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

 

Computer Management and Administrative Tools

Pada dasarnya, Performance Monitor merupakan salah satu dari sekian banyak fitur yang dimiliki oleh tool Microsoft Management Console (MMC). Fitur-fitur dari MMC bisa dibuka satu persatu melalui folder Administrative Tools. Tapi fitur-fitur tersebut sebenarnya bisa dibuka dalam satu jendela dengan tool Computer Management. Fitur yang ada di Computer Management adalah sebagai berikut:

  • Task Scheduler: tool yang bisa Anda gunakan untuk melihat dan mengubah task rutin (scheduled tasks) di komputer. Anda juga bisa membuat jadwal task sendiri.
  • Event Viewer: tool ini bisa menampilkan log dari suatu event, mulai dari instalasi program, error yang pernah terjadi, hingga blue screen.
  • Shared Folders: Menu yang bisa digunakan untuk melihat folder apa saja dishare melalui jaringan.
  • Device Manager: Windows Device Manager bisa Anda gunakan untuk menampilkan perangkat dan driver apa saja yang terinstal di komputer. Anda bisa melakukan disable terhadap beberapa perangkat atau driver. Anda juga bisa melakukan konfigurasi yang Anda inginkan.
  • Disk Management: tool partisi disk yang bisa Anda gunakan tanpa harus mendownload software tambahan.
  • Services: tool ini bisa Anda gunakan untuk melihat dan mengontrol service yang berjalan di background Windows.

 

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

Folder Administrative Tools juga memiliki beberapa tool yang sangat berguna, seperti Windows Firewall with Advanced Security yang bisa Anda gunakan untuk membuat perintah firewall tingkat lanjut.

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

 

Advanced User Accounts Tool

Windows memiliki tool User Accounts utility tersembunyi yang menyediakan beberapa pilihan yang tidak ada di setting standar. Untuk membuka tool ini, tekan tombol Windows + R, kemudian ketik “netplwiz” atau “control userpasswords2”, lalu tekan Enter.

Baca Juga:  Tutorial Singkat Membuka Program di Taskbar Dengan Mengarahkan Mouse

Tool ini juga bisa digunakan untuk membuka menu Local Users and Groups, yang bisa memberikan Anda pilihan pengaturan user. Tool ini tidak bisa dibuka di Windows edisi Home atau edisi standar Windows.

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

 

Disk Cleanup

Disk Cleanup sebenarnya cukup gampang ditemukan, tapi tidak semua pengguna Windows mengetahui fungsi dari tool tersebut. Disk Cleanup akan melakukan scan terhadap file yang bisa kemungkinan bisa dihapus dari komputer Anda, seperti file sementara, file sampah, file restore point lama, dan file sisa dari proses update atau upgrade Windows. Cara kerjanya persis sama dengan beberapa software PC cleaning, tapi tool ini sepenuhnya gratis dan tidak membutuhkan proses instalasi tambahan. Beberapa pengguna Windows mungkin lebih memilih CCleaner, tapi Disk Cleanup cukup layak untuk dijadikan pertimbangan.

Disk Cleanup bisa dibuka melalui Start Screen atau Start Menu.

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

 

Group Policy Editor

Group Policy Editor hanya tersedia di Windows edisi Professional atau Ultimate. Tool ini menyediakan banyak menu pilihan yang bisa Anda gunakan sebagai system administrators untuk mengkustomisasi dan mengunci komputer di jaringan yang tersedia. Selain itu, di Local Group Policy Editor, Anda juga bisa melakukan beberapa pengaturan menarik lainnya. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan Group Policy Editor untuk menghilangkan Lock Screen di Windows 8 dan langsung ke layar Login saat pertama kali menyalakan komputer.

Untuk membuka tool ini, Anda cukup “gpedit.msc” ┬ádi Start Menu atau Start Screen, lalu tekan Enter.

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

 

Registry Editor

Tool ini sudah banyak diketahui oleh beberapa pengguna Windows, tapi tetap saja Windows menjadikannya tersembunyi dari menu utama. Bahkan tool ini tidak bisa dibuka dengan cara mengetik “Registry Editor” melalui Start Menu atau Start Screen. Anda harus mengetik “regedit” untuk membuka tool ini.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram, Singkat dan Mudah

Banyak pilihan yang bisa dilakukan melalui Registry Editor untuk melakukan sedikit perubahan di Windows, sama halnya seperti Group Policy Editor. Sebagai contoh, pengguna Windows 8 edisi standar tidak bisa menghilangkan Lock Screen melalui Group Policy Editor, tapi Anda bisa mengatasi hal tersebut melalui Registry Editor.

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

 

MSConfig

System Configuration merupakan tool yang juga sudah umum diketahui oleh banyak pengguna Windows. Tool ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol Startup Program saat Windows pertama kali masuk ke desktop (pengecualian untuk Windows 8 dan 10, yang telah mengintegrasikan pilihan Startup di tool Task Manager). TIdak hanya itu, tool ini juga bisa Anda gunakan untuk mengedit boot loader, pilihan yang sangat berguna bagi Anda yang memiliki multi OS di satu komputer.

MSConfig bisa Anda buka dengan cara mengetik “msconfig” di Start Menu atau Start Screen, lalu tekan Enter.

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

 

System Information

System Information merupakan tool Windows yang bisa digunakan untuk menampilkan informasi tentang komputer yang Anda gunakan. Mulai dari nomor model dari CD-ROM hingga hardware lainnya, mengatur beberapa variabel dan program startup. Tool ini memang tidak memiliki interface yang menarik, tidak juga menampilkan informasi software pihak ketiga secara detail, akan tetapi tool ini bisa dijadikan andalan tanpa harus menginstal software tambahan

System Information bisa Anda buka dengan cara mengetik “System Information” di Start Menu atau Start Screen.

Aplikasi Sytem Tool Tersembunyi Windows

Demikian 10 tool tersembunyi yang ada di Windows. Dengan mengetahui fungsi dari tool-tool tersebut, Anda bisa melakukan sesuatu yang bisa membuat komputer Anda menjadi lebih baik. Tanpa harus melakukan proses instalasi tentunya, karena tool ini sudah menjadi kesatuan dari Windows yang menjadi OS komputer Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *