Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

Tutorial Lengkap Membuat Shortcut Eject CD/DVD

Mungkin sebagian dari Anda sering membuka file dari sebuah CD/DVD, entah itu lagu, film, atau bahkan file dokumen penting Anda. Dan mungkin juga sebagian dari Anda bertanya, apakah mungkin membuat sebuah shortcut yang bisa meng-eject CD/DVD dengan satu kali klik.

Pertanyaan tersebut akan saya jawab dalam bentuk tutorial berikut ini. Menggunakan sebuah aplikasi ringan NirCmd buatan Nirsoft, Anda bisa membuat sebuah shortcut eject CD/DVD. Anda bisa mendownload aplikasi tersebut di bagian bawah tutorial. NirCmd tidak hanya bisa membuat shortcut eject CD/DVD, masih banyak perintah lain yang bisa dilakukan oleh aplikasi tersebut. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengecek langsung di website Nirsoft.

Membuat Shortcut Eject CD/DVD

Langkah pertama adalah klik kanan pada Desktop Anda, buat shortcut baru, pilih New – Shortcut.

cara membuat shorcut eject cd dvd

Di kotak Location, ketik alamat lengkap direktori tempat Anda menyimpan file nircmd.exe yang telah Anda download sebelumnya. Kemudian tambahkan perintah “cdrom open” diakhiri dengan abjad drive CD/DVD yang Anda gunakan.

“C:pathtonircmd.exe” cdrom open E:

Sebagai contoh, nircmd.exe yang saya download terletak di Desktop, jadi direktori lengkapnya adalah “C:UsersyedogawaDesktopnircmd.exe”. yedogawa adalah username saya. Pastikan direktori tersebut anda awali dan akhiri dengan tanda kutip. Jika Anda menginginkan cara yang lebih singkat, cukup tahan tombol Shift, lalu klik kanan file nircmd.exe, pilih “Copy as path”, kemudian paste di box Location. Anda juga bisa menekan Browse lalu cari file nircmd.exe.

Kemudian perhatikan abjad drive CD/DVD di komputer Anda. Sebagai contoh, abjad drive CD/DVD saya adalah F. Jadi, perintah lengkap yang saya tulis di kotak Location adalah sebagai berikut.

“C:UsersyedogawaDesktopnircmd.exe” cdrom open F:

cara membuat shorcut eject cd dvd

Langkah berikutnya, klik Next, lalu beri nama yang unik untuk shortcut yang akan Anda buat, misalnya “Eject CD” atau “Keluarkan CD”, silahkan Anda berkreasi dengan gaya Anda sendiri. Jika telah selesai, klik Finish. Anda bisa menemukan shortcut baru di Desktop.

cara membuat shorcut eject cd dvd

Beres, double klik pada icon shortcut tersebut, CD/DVD drive anda akan langsung terbuka.

cara membuat shorcut eject cd dvd

 

Membuat Shortcut Close CD/DVD

Langkah yang dilakukan untuk membuat shortcut close CD/DVD sama seperti tutorial eject CD/DVD, yang membedakan adalah pada kalimat perintah yang diketik saat membuat shortcut, ganti “cdrom open” dengan “cdrom close”. Sangat gampang, bukan?

Membuat Hotkey dari Shortcut

Sekarang Anda sudah memiliki shortcut eject atau close CD/DVD di Desktop. Anda juga bisa membuat hotkey khusus untuk shortcut tersebut. Caranya, klik kanan pada shortcut, pilih Properties. Di tab Shortcut, silahkan Anda tentukan sendiri hotkey yang Anda inginkan di kotak Shortcut key. Sebagai contoh, saya menggunakan hotkey Ctrl+F7.

cara membuat hotkey shortcut

 

Mengubah Icon Shortcut

Anda juga bisa mengubah icon dari shortcut yang telah Anda buat. Klik kanan pada shortcut lalu pilih Properties, pilih Change Icon, cari icon yang menurut Anda cocok dan bagus seperti contoh yang saya buat berikut.

cara mengubah icon shortcut

Demikian tutorial cara membuat shortcut eject CD/DVD.
Download NirCmd dari nirsoft.net (ekstrak terlebih dahulu setelah selesai didownload)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *