Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

Tutorial Mengubah Fungsi Tombol Power di Laptop

Di Windows, setting default saat pengguna menekan tombol power adalah Sleep. Jika Anda ingin mengubah setting tersebut, ikuti langkah-langkah pada tutorial berikut.

Mengubah Fungsi Tombol Power di Windows 7

Bagi Anda pengguna Windows 7, bisa melakukan cara yang sangat gampang berikut. Klik kanan pada tombol Start Menu atau Taskbar lalu pilih Properties.

Kemudian Anda bisa mengubah setting standar dari tombol power dari pilihan dropdown Power Button Action, silahkan Anda pilih, lalu klik Apply dan OK.

 

Mengubah Fungsi Tombol Power di Windows 8 dan 10

Untuk pengguna Windows 8 dan 10, Anda bisa mengubah setting standar untuk tombol power melalui Advance Power Settings. Setting tersebut bisa Anda buka melalui Control Panel (Control Panel – Power Options – Change Plan Settings), akan tetapi cara tersebut terlalu panjang. Berikut shortcut yang bisa Anda lakukan untuk masuk ke menu setting tersebut.

Buka command prompt (klik kanan pada Start Menu, pilih Command Prompt), lalu ketik perintah berikut.

powercfg.cpl,1

 

Jendela baru akan terbuka lalu arahkan ke pilihan “Power buttons and lid”, kemudian pilih “Power button action”. Silahkan Anda pilih setting default untuk fungsi tombol power. Anda bisa mengubahnya menjadi hibernate, shut down, mematikan layar, atau bahkan untuk tidak melakukan apa pun saat tombol power ditekan.

Jika telah selesai dengan pilihan Anda, klik Apply lalu OK.

Demikian tutorial singkat bagaimana cara mengubah fungsi tombol power di laptop.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *