Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

Mengatasi Masalah Bluescreen Saat Install Windows 7 di Lenovo G40

Laptop Lenovo merupakan salah satu merk laptop yang memiliki spesifikasi tinggi namun dengan harga terjangkau. Terlepas dari faktor harga dan kualitas, secara tidak sengaja saya menemukan solusi pada salah satu permasalahan saat saya melakukan install ulang laptop milik pelanggan.

Laptop yang akan saya install tersebut adalah Lenovo G40, prosesor dan grafis Intel, RAM 2GB, serta sudah menggunakan sistem UEFI. Pelanggan meminta laptopnya diinstall Windows 7 setalah sebelumnya menggunakan Windows 8.1. Tanpa ragu saya gunakan USB flashdisk yang sudah saya jadikan bootable. Setelah semua data penting saya backup dan mengaktifkan USB Legacy pada setting BIOS (masuk ke setting BIOS Lenovo dengan menekan Fn+F2), saya mencoba booting melalui USB flashdisk tersebut (masuk ke menu boot priority Lenovo dengan menekan Fn+F12).

Baca juga: Cara Mudah Membuat Bootable USB Flashdisk untuk Install Windows

Awalnya terlihat lancar dan sepertinya akan sukses, sistem berhasil booting dan membaca file instalasi Windows 7 di USB flashdisk milik saya. Tidak lama setelah muncul logo Windows dan tulisan “Starting Windows”, tiba-tiba layar laptop menjadi biru (bluescreen) dan muncul tulisan “The BIOS in this system is not fully ACPI compliant. Please contact your system vendor for an updated BIOS”.

Bluescreen saat install Windows 7 di Lenovo G40
gambar dari Google

Saya coba beberapa kali, laptop tetap mengalami bluescreen. Saya coba membuat USB flashdisk bootable baru dengan mengubah settingan menjadi “MBR partition scheme for UEFI”, tapi masih tetap mengalami bluescreen. Akhirnya saya coba mengutak atik setting BIOS.

Saya coba masuk kembali ke menu setting BIOS Lenovo (Fn+F2). Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya saya menemukan pengaturan/setting yang pas dan cocok. Berikut adalah setting yang harus dilakukan agar bisa menginstall Windows 7 di Lenovo G40.

  • Pada tab menu Exit, pilih Win7 OS pada pilihan “OS Optimized Default”
  • Kemudian pindah ke tab menu Configuration, pilih Enabled pada pilihan “USB Legacy”, lalu pilih USB 2.0 pada pilihan “USB Mode”
  • Lalu pada tab menu Boot, pilih Legacy Support pada pilihan “Boot Mode” dan pilih Enabled pada pilihan “USB Boot”
Setelah semua setting tersebut saya gunakan, tidak terjadi lagi bluescreen dan Windows 7 berhasil saya install di Lenovo G40. Spesifikasi yang bagus membuat waktu pengerjaan sangat cepat yaitu hanya memakan waktu satu jam lebih.
Mohon maaf untuk screenshot gambar tidak berhasil saya ambil berhubung ponsel saya sedang mengalami masalah. Tutorial ini juga bisa digunakan pada jenis laptop lain. Inti dari permasalahannya adalah dengan mengganti pilihan OS di BIOS menjadi Windows 7 dan mengubah setting USB mode menjadi USB 2 serta mengaktifkan USB Legacy.
Demikian tutorial cara mudah mengatasi masalah bluescreen saat menginstall Windows 7 di laptop Lenovo G40. Semoga bisa membantu Anda. Jika memiliki pengalaman berbeda dan pertanyaan, silakan tinggalkan komentar Anda.

17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *