Review SmartphoneKumpulan lengkap review smartphone Indonesia

Cara Membuat Akun Microsoft, Mudah dan Gratis

Penasaran dan ingin tahu bagaimana cara membuat akun Microsoft?

Akun Microsoft sangat dibutuhkan untuk semua hal yang berhubungan dengan layanan Microsoft. Akun ini digunakan untuk sign in atau masuk ke berbagai layanan dan aplikasi. Bahkan untuk login ke Windows disarankan menggunakan akun tersebut.

Cara Membuat Akun Microsoft

Berikut tutorial cara membuat akun Microsoft yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Cek akun Microsoft yang mungkin sudah dimiliki

Jika sebelumnya kamu sudah memiliki akun Outlook, OneDrive, Office 365, Skype atau Xbox Live, itu berarti kamu sudah memiliki akun Microsoft.

Jika kamu sudah pernah membuat akun tersebut, Microsoft memang tidak memberikan info lebih lanjut bahwa akun tersebut merupakan akun Microsoft secara keseluruhan.

Hal ini dikarenakan akun Microsoft bisa dihubungkan dengan semua jenis email pribadi. Misalnya Gmail, Yahoo Mail dan layanan email lainnya.

Selain itu, akun Microsoft bisa didapat dari layanan Microsoft itu sendiri. Seperti yang sudah dibahas di atas, kamu bisa saja sudah memiliki akun outlook.com, hotmail.com, live.com, atau bahkan skype.com.

Akun tersebut bisa kamu gunakan untuk masuk ke layanan atau aplikasi Microsoft lainnya, termasuk Windows.

Cara membuat akun Microsoft

Jika kamu belum memiliki akun Microsoft, kamu bisa membuatnya dengan mudah.

Sebenarnya setiap melakukan instal Windows atau menggunakan layanan dan aplikasi baru dari Microsoft, kamu akan diarahkan untuk membuat akun Microsoft yang baru.

Kamu juga bisa membuat akun Microsoft baru dengan membuka laman web Microsoft Windows Account. Di laman web tersebut, klik tombol Sign In di pojok kanan atas.

Laman Web Microsoft Windows Account

Di halaman sign in tersebut, kamu mungkin ingin mengecek akun Microsoft yang pernah kamu buat sebelumnya. Ketik alamat email yang ingin kamu cek, lalu klik Next.

Cek akun Microsoft

Jika muncul pesan error, itu artinya alamat email tersebut bukan merupakan akun Microsoft. Langsung saja klik “Create one” untuk membuat akun Microsoft baru dengan alamat email tersebut.

Cara Membuat Akun Microsoft di web

Microsoft akan mengarahkan kamu untuk membuat akun dengan email tersebut. Jika kamu ingin menggunakan alamat email lain, kembali lagi ke halaman awal sign in dan langsung klik “Create one”.

Di halaman Create Account, kamu punya dua pilihan.

Pertama, buat akun Microsoft baru dengan alamat email pribadi kamu, bisa email dari Microsoft atau email lainnya. Tapi, pastikan kamu bisa mengakses email tersebut.

Ketik alamat email yang ingin kamu daftarkan, lalu klik Next.

Pilihan kedua, kamu bisa membuat akun Microsoft dengan membuat email baru. Klik “Get a new email address” untuk membuat email baru tersebut.

Cara Membuat Akun Microsoft dengan email pribadi

Untuk pilihan pertama, setelah kamu masukkan alamat email, langkah selanjutnya adalah membuat password. Pastikan membuat password yang aman dan berbeda dari akun kamu yang lain. Klik Next.

Membuat password akun Microsoft

Cek inbox email yang kamu daftarkan, Microsoft akan mengirim kode keamanan dan link untuk memverifikasi akun.

Kamu bisa langsung klik link verifikasi atau copy kode yang dikirim Microsoft ke email kamu.

Verifikasi email dari Microsoft

Jika link verifikasi berhasil dibuka, proses membuat akun Microsoft sudah selesai.

Tapi, jika kamu memilih cara copy paste kode keamanan, di step sebelumnya akan muncul halaman Verify Email, lalu masukkan kode yang sudah dicopy, klik Next.

Verifikasi akun Microsoft

Masukkan kode Captcha lalu klik Next.

Kode captcha akun Microsoft

Selesai, kini kamu sudah memiliki akun Microsoft baru.

Akun Microsoft baru

Dengan akun Microsoft tersebut, kamu bisa menggunakan semua layanan Microsoft seperti Windows Store, Outlook.com, OneDrive, Skype dan Xbox Live.

Akun Microsoft tersebut juga bisa kamu gunakan untuk login ke Windows. Gunakan alamat email dan password yang sudah kamu buat sebagai akun login Windows untuk meningkatkan keamanan laptop atau komputer.

Jika kamu menggunakan Microsoft Office baik di laptop maupun smartphone, gunakan akun tersebut agar bisa melakukan sinkronisasi dokumen melalui OneDrive. Hal ini mempermudah kamu di saat harus mengedit dokumen dari perangkat yang berbeda.

Semua layanan Microsoft akan terhubung melalui satu akun tersebut.

Jangan lupa simpan detail akun Microsoft yang sudah kamu buat tersebut di tempat yang aman.

Nah, itu dia tutorial lengkap cara membuat akun Microsoft dengan mudah.

Jika kamu punya pertanyaan atau komentar, bisa tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ini.

No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *